Orang Terkaya Sumbang Rp50 Miliar untuk 106 Wanita


Yayasan yang dimiliki orang terkaya di Afrika, Aliko Dangote bernama Aliko Dangote Foundation (ADF), akan menghibahkan hartanya sebesar US$3,6 juta (Rp50,39 miliar) kepada 106 ribu wanita di seluruh wilayah Nigeria Utara.
Mereka berjanji harta tersebut akan diberikan sebelum akhir tahun ini. Melansir dari Forbes, Selasa (1/10/2019), perjanjian ini merupakan bentuk kelanjutan dari program Hibah Mikro yang ditujukan untuk perbaikan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi wanita.
Pihak ADF telah menentukan penerima yang memenuhi syarat di empat negara bagian, Nigeria Utara, Sokoto, Katsina, Kebbi, dan Zamfara. Program Hibah Mikro telah berjalan sejak 2011 dengan dana US$30 juta atau setara Rp425 miliar.
Selain uang, program ini juga memberikan pelatihan kepada peserta mendapatkan penghasilan dari berbagai kegiatan. Sedari awal berjalan, program ini memang ditujukan untuk wanita yang membutuhkan.
"Penerima hibah dari program ini dipilih secara merata dari komunitas yang dituju dengan pertimbangan utamanya adalah bagi perempuan usia rentan, rumah tangga yang mengalami masalah pangan dengan bayi atau anak di bawah lima tahun, cacat, perceraian, janda dengan banyak tanggungan, penduduk yang sangat miskin di komunitas ini," ucap ADF.
Sejauh ini, ADF telah memberikan puluhan juta dolar AS selama bertahun-tahun untuk membantu di bidang pendidikan, seni, kesehatan dan bantuan kemanusiaan. Baru-baru ini yayasan milik orang terkaya Aliko Dangote ini juga memberikan US$20 juta yang setara dengan Rp283 juta kepada The Africa Centre.
Sumber:VIVA.co.id
Share:

Recent Posts